Kamis, 28 Oktober 2010

MADAM REMPONG

Sore ini, asisten Mini terlihat sibuk bongkar-bongkar file di meja..
Gw: Lagi ngapain sih Min?
Mini: Nyari file pembelian kulkas punya Pak Boss Ketjil
Gw: Kulkas yang di apartemen dia itu? Kan gw yg beli dulu..emangnya kenapa?
Mini: Ini lho Madam yang sewa apartemen Pak Boss komplen katanya pintu freezer nya rusak
Gw: Ya kalau rusak dibenerin lah...lagian itu kulkas usianya udah 4 tahun lebih mana ada garansi lagi?
Mini: Masalahnya si Madam ini minta kita yang panggilin tukang kulkasnya untuk ngebenerin
Gw: Lah?! Dia yang pake, dia yang ngerusakin..kenapa jadi elo yang repot?
Mini: Ya gitu deehhhh (mendesah bete)

Hmm..jadi gini lho sejarahnya tentang si Madam. Seorang wanita dari HK yang sekarang menyewa apartemen milik Pak Boss Ketjil. Jujur aja dari pertama berurusan sama ni orang, gw udah empet! Bawelnya setengah idup. Makanya gw ngasih dia nickname: Madam Rempong, karena orangnya bener-bener tukang bikin repot.

Sering banget bikin darah gw mendidih jadi 100 derajat celcius. Kalau AC rusak..telpon gw, mau pasang lampu kristal..telpon gw, mau perpanjang kartu parkir..telpon gw, mau benerin kain sofa..telpon gw juga.  Dikira gw Customer Service kali yaaaa...

Pada suatu hari terjadilah peristiwa yang bikin gw ogah berurusan sama dia lagi sampe detik ini. Gw inget banget waktu itu hari Senin pagi tanggal 26 Juli soalnya gw lagi ribet prepare payroll karyawan. Tiba-tiba si Madam telpon dan tanpa basa-basi nyerocos kayak orang ke sundut.

Madam : There was a burglar in my apartment! (burglar itu maling maksudnya bukan burger lho ya)
Gw : I'm sorry to hear that. Is everything ok?
Madam : Iya saya nggak apa-apa tapi saya cukup shock.
Gw: Gimana ceritanya? (tanya gw simpati)
Madam: Jadi waktu hari Sabtu malam, I woke up and noticed that my door was half open. Sepertinya ada yang buka pintu rumah. Saya langsung nyalain lampu dan memeriksa keadaan.
Gw: Terus ada yang hilang nggak barang kamu?
Madam : Nggak ada sih...
Gw: Kamu udah lapor ke sekuriti gedung?
Madam : Belom sih..
Gw: Sampe sekarang kamu belom lapor ke sekuriti?! (sambil nge-check tanggalan di meja)
Madam : Ini saya laporan ke kamu supaya kamu yang lapor ke sekuriti
Gw: (menganga) Kejadiannya udah dua hari yang lalu dan kamu minta saya yang lapor ke sekuriti?
Madam : Iya..saya laporan ke kamu karena saya tuh mau tau waktu kunci pintu depan kamu ganti , kuncinya ada berapa duplikat?
Gw: Lho..kan kamu liat sendiri waktu itu cuma ada dua, yang asli kamu yang pegang yang duplikatnya boss saya yang pegang
Madam :  Nggak mungkin ada duplikat lain kan?
Gw : (maksud loe?!) Of course not
Madam : Soalnya aneh kok pintu nya bisa dibuka tanpa dirusak? (nada curiga)
Gw : Mungkin kamu kali yang lupa kunci pintu?(alis gw naek sebelah)
Madam : Oh itu sih nggak mungkin...(nada super yakin)
Gw: Are you sure? (alis gw naek dua duanya) Namanya manusia bisa aja lupa...
Madam : Pokoknya nggak mungkin saya lupa (nada ngotot)
Gw: Terus maksud pertanyaan kamu tadi apa? Kuncinya ada duplikat lain gitu? Terus malem itu saya atau boss saya iseng dateng ke rumah kamu diem-diem buka pintu?! (mendidih)
Madam : Ya bukan gitu maksud saya...
Gw : Terus maksudnya gimana? Kamu sendiri bilang nggak ada satupun  barang yang hilang, kamu juga nggak ngeliat ada orang masuk (kalau pun beneran ngeliat elo udah benjol kali digetok!). Atau kita sama-sama liat kamera CCTV  aja deh supaya bisa keliatan siapa yang buka pintunya.
Madam : Boleh juga sih..(ragu-ragu)
Gw : Ya udah..let me know kapan saya mesti ke sana untuk liat rekaman CCTV. Sekarang saya lagi sibuk dengan urusan kerjaan.

Gw tungguin sampe sore ternyata si Madam Rempong nggak telpon-telpon lagi. Malemnya gw telpon ke Pak Boss Ketjil dan nyeritain peristiwa tersebut. Pokoknya Pak mulai sekarang saya nggak mau lagi berurusan sama si Madam. Full stop!

Maka demikianlah sejak saat itu asisten Mini yang kecepretan getahnya hihihi....









Selasa, 26 Oktober 2010

Kaos Kantor

Udah dua hari ini gw nggak masuk kantor gara-gara kesambet angin taipun. Boleh dipastikan deh bilur-bilur di punggung gw ini bukan akibat KDRT melainkan akibat KDTU (kekerasan dilakukan tukang urut).

Gw ini termasuk tipe orang yang mudah bosan. Berhubung lagi sakit gw berusaha untuk nggak buka laptop, pokoknya sebisa mungkin melakukan kegiatan konvensional di rumah misalnya nonton tipi, baca buku, masak nasi, masak sayur...tapiiii emang dasar gatel akhirnya hari ini gw check emails juga hehehe...

So far sih nggak ada yang bersifat urgent, masih bisa lah gw jawab besok pas masuk. Eh tapi ini ada  beberapa email dari mentor gw..senangnya. Mentor gw ini dulu pernah jadi Direktur di kantor gw tapi sejak dua tahun lalu beliau lebih suka kerja independen sebagai Executive Coach. Sepertinya penghasilannya jauh lebih besar di banding kerja di kantor gw (ya iyalah).But we still keep in touch and exchange news sampe sekarang. Berkat bimbingan dari beliaulah maka gw bisa bermental baja kerja di sini (cieee..Wonder Woman kaleee)

Anyway lucu banget nih email yang dia kirim, bisa buat ide bikin kaos seragam kantor (kaos nyolot biar boss pada mencelot heheheh):


My favorite T-Shirt is number 1. Which one is yours? :)

Kamis, 21 Oktober 2010

SALAH LIAT

07.10 pagi-sms diterima dari Pak Boss Besar. "Where's Pak Manajer?"
(Bingung) Ngapain juga dia pagi-pagi gini udah nanyain Pak Manajer ya? Perasaan mereka ada breakfast meeting nanti deh jam 8.00 pagi. Tapi sebagai pembokat yang patuh gw pun sms Pak Manajer.

Gw: Pak lagi di mana?
Pak Manajer: Di rumah
Gw: Pagi ini ada janji mau ketemuan babeh sebelum breakfast meeting?
Pak Manajer: Gak ada

Hmmm...kayaknya gw tau deh permasalahannya dimana.

Sms ke Pak Boss: Pak Manajer masih di rumah, katanya nanti dia akan direct ke hotel kamu untuk breakfast meeting yang jam 8.00 pagi

Lama gw tungguin Pak Boss nggak reply sms gw lagi, mungkin dia udah nyadar kali kalo tadi dia salah liat jam. Emang suka kebiasaan sih Pak Boss ini, jam waktu Singapur dipake buat waktu Jakarta ya kagak sinkron.

Pernah waktu itu pagi-pagi sms gw: "Where's everybody?"
Tapi sms-nya gw cuekin aja. Nanya kok aneh-aneh emangnya gw emaknya everybody?
Gak lama kemudian dia tilpun ke hape gw.

Gw: Yes Pak?
Pak Boss: Jam kantor Jakarta itu masuk jam berapa ya?
Gw: Jam 8.00 pagi
Pak Boss: Sekarang sudah jam berapa?
Gw: Sekarang jam 07.00 pagi
Pak Boss: Oh! (terkejut) Sorry, jam saya masih waktu Singapur hehehe...
Gw: Hehehehe...(cape deh)
Pak Boss: Ok then I'll just grab a coffee from next door (ada Starbaks di gedung sebelah)
Gw: (Gi dah sana) Ok
Pak Boss: See you later!
Gw: See you (Alligator)

Rabu, 20 Oktober 2010

KABUR

Hari ini Pak Boss dateng..jujur aja gw masih keki dengan hasil quarterly review minggu lalu. Udah gw berbaik hati ngasih service gratisan eh malah diomelin pulak. Cih! Siapa yang sudi? (sambil iting-iting ngaduk teh manis)

Mini : Mbak nanti jangan lupa ya ada rapat perhimpunan gedung
Gw  : Lho..hari ini emangnya?
Mini : Iya kan undangannya ada di meja mbak coba aja liat

Oiya..di undangan tertera tanggal hari ini. Rapat pemegang saham perhimpunan gedung di Financial Club mulai dari jam 10.00 pagi - 12.30 siang (makan siang disajikan ditempat). Uhuy!!! I can run away for a few hours. Pagi ini nggak perlu liat tampangnya si babeh at least sampe jam 3.00 sore soalnya gw udah arrange lunch meeting juga buat dia.

Maka berangkatlah gw menghadiri rapat perhimpunan gedung. Seneng banget bisa ketemu dengan Office Admin dari kantor-kantor laen. Bisa saling curhat tentang kelakuan ajaib boss masing-masing. Keselek..keselek deh tuh para boss hwahahaha!




Senin, 18 Oktober 2010

BONBIN (Kebon Binatang)

Hari Sabtu ceritanya mau ngajakin anak gw liat "live animal" di kebon binatang Ragunan. Maka berangkatlah kami sekeluarga ke sana. Jujur aja nih ya sejak tahun 1991, inilah kali pertama gw menginjakkan kaki lagi di bonbin Ragunan. 

Untung suami gw penyabar dan sangat pengertian. Biasanya kan yang namanya ibu-ibu itu kalau mau piknik pasti bawa bekal makanan sekeranjang, payung dan tikar buat duduk-duduk. Secara gw hanya menyiapkan susu anak, popcorn Jolly Time dan Aqua botol (huehehehe).

Tiba ditujuan cuaca sangat terik. Maklum, kita baru sampe sekitar jam setengah duabelas dimana matahari sedang bersinar cukup ekstrim. Hmm...dapat dipastikan setelah ini warna kulit gw turun satu tone. Pelan-pelan kami menyusuri kandang rusa yang kebetulan berseberangan dengan kandang gajah. Bau pesing sungguh menyengat tapi sudahlah gak apa-apa..demi anak. 

Sempat naik delman keliling taman. Tadinya kita mau charter delman aja supaya nggak capek karena jarak dari kandang ke kandang cukup jauh. Namun apa mau dikata biaya charternya mahal bow, 200 rebong! Biarpun Pak Kusir nya udah dibujuk, dirayu sampe dikitikin, tetep aja kekeuh pada prinsipnya. Haaaiiiiz...

Ke kandang Primata aja yuk? Ayuk...(tuk..tuk..tuk..metuk) Sampailah di depan wahana Primata yang cukup megah. Di dalamnya terdapat berbagai jenis monyet...ada yang berbulu putih, hitam, abu-abu juga yang bermata belok (untung nggak ada yang bermata sipit huahahaha). 

My daughter is very fascinated by Mr. Gorilla. Lucu banget deh..berbulu hitam mengkilat. Hampir semua pengunjung girang ngeliatnya termasuk gw. Tiba-tiba tanpa diduga Gori memanjat pohon jambu lalu di oyok-oyok batangnya. (dioyok-oyok tuh maksudnya digoyang-goyang sampe pingsan pohonnya)

Berjatuhanlah beberapa buah jambu air. Dengan sigap Gori pun memunguti jambu tersebut sambil duduk santai memperhatikan para manusia yang kagum bertepuk tangan melihat tingkahnya. (Entah apa yang ada dipikiran si Gori itu ya?)



Suami: Wah gorillanya makan jambu tuh..nggak cuci tangan dulu ya
Anak: Namanya juga binatang (polos)
Gw: Ngikikikikik...
Demikianlah hari Sabtu yang menyenangkan melihat satwa hidup di kebon binatang Ragunan. I guess its something different for a change. Biar anak gw nggak bosen diajak main ke emol melulu.









Jumat, 15 Oktober 2010

S.U.N.T.U.K

Ini hari Jumat kan? Walaupun banyak kerjaan tetep aja gw punya seratus alasan untuk nggak kerja. Padahal kemarin abis quarterly review sama Pak Boss via telpon. Kena omel abis-abisan gara-gara dua lukisannya nggak terjual di lelang. Gw diem aja..nggak semangat untuk ngebantah. Soalnya percuma sih kalo udah urusan duit mau pake sumpah Pocong pun bakalan nggak ngaruh.

Hal yang paling gw sebelin tiap abis review adalah semakin bertambahnya kerjaan yang mesti gw lakukan. Mulai dari ngerombak website, bikin newsletter, urusan kalender tahunan, inilah itulah yang notabene 80% bukan job description seorang Office Admin. Aaarrggghhhh!

Isn't it a bit too late to complaint? (kata suara malekat khayalan gw) I know..I know...makanya I'm trying to make the best of this situation. Kalo kata temen gw yang demen banget lagu nya D'Masiv "Syukuri apa adanyaaaa..."

Tapi tetep aja sih gw S.U.N.T.U.K, sebuah kata yang pas banget mewakili perasaan gw hari ini dan bulan-bulan sebelumnya. Akibat bete yang udah menggunduk kayak tumpukan cucian, I really think I need a break from all this. Sayangnya nggak bisa cuma diobatin dengan cokelat Kit Kat atau popcorn caramel Jolly Time. (Hiks..kronis deh)

Liburan yuk? ajak Mulan (one of my companion)
Gw: (melongo sejenak) Kemana?
Mulan: Ke pulau Bangka
Gw: Emang ada apaan di Bangka? (yang gw inget kerupuk nya doang)
Mulan: Pantainya indah..kita bisa nyebrang ke Belitung tempatnya Laskar Pelangi
Gw: Nggak rame kayak Bali kan?
Mulan: Sepi...cuma laut dan pantai
Gw: Hayuuukkk...(berbinar-binar)

And so my friends...I hope next month I will be able to tell you how beautiful  are the beaches in Bangka & Belitung. Wish me luck! ;)







Selasa, 12 Oktober 2010

Salah Pencet

Baru aja mau matiin kompie udah siapin playlist lagu buat teman diperjalanan pulang. Entah kenapa tangan gw yang usil ini suka otomatis pencet tombol send/receive email, gw rasa akibat selama bertahun-tahun otak gw udah terprogram begitu kali ya. Standard Operating Procedure (SOP) selalu nge-check email dulu sebelum matiin komputer.(Terus kapan pulangnya?!)

Bener aje sepucuk surat electronic dari Pak Boss tiba: Besok jam 09.30 pagi we will do your quarterly review by phone. (kampret kadal buduk!)

Hadooooh gw paling males dan bete sama yang namanya quarterly review. Soalnya di review page nya itu ada satu kolom yang mesti dicentrang Pass/Fail. Amit amit deh emangnya masih jaman sekolah? Belom lagi ngebayangin pertanyaan Pak Boss yang susah-susah..sama susahnya kayak kita minta naik gaji atau minta bonus (hiks). 

Nyesel deh gw nge-klik send/receive button. Bikin tidur gw jadi nggak enak aja..



COLOKAN LISTRIK

Sumpah mati dua hari terakhir ini bener-bener hectic. Tiap minggu ada aja rombongan sirkus yang dateng walopun sebenernya itu pertanda bagus sih, berarti kantor gw ini masih aktif nyari duit buat bayarin gaji karyawan.

Sampek hari ini semua divisi masih buzzing with activities termasuk divisi gw yaitu divisi Office Admin. Pokoknya udah kayak di Wall Street deh (cieeee hiperbola sekale). Eh btw speaking of pilem Wall Street kata anak analyst yang udah pada nonton ternyata kursi kerjanya sama persis lho sama yang ada di kantor gw hwahahaha (nggak penting aja bangga bener).

Nah ditengah keruwetan rupanya Pak OB pun nggak mau ketinggalan bikin rumit. Bermula dari instruksi mbak asisten, sebut aja namanya Minnie (orangnya emang mini) untuk memindahkan komputer punya divisi akunting ke ruang staff persis disebelah meja gw. Supaya semua aktifitas dipusatkan di satu ruangan aja.

Lagi asik-asiknya reply emails tiba-tiba terdengar suara keributan dari cubicle sebelah. Ada apa gerangan? Gw pun melongok kan kepala. Terlihat mbak Minnie sedang ngomel-ngomel dengan wajah stress berat. Ada apa sih Min?

Minnie: Ini lho, Pak OB dari tadi ribet banget urusan kabel komputer
Pak OB: Iya saya bingung bu, kabelnya udah dicolokin tapi komputernya kagak mau nyala
Minnie: Ya gimana mau nyala..ini kabel untuk power listriknya kemana? Kan saya udah bilangin dari tadi (urat leher nongol)
Pak OB: (garuk-garuk kepala) Perasaan yang ini dah bu..
Gw: Mana coba saya liat (sambil nyamber kabel nya). Ini mah kabel power buat monitor. Yang buat komputer nya mana?
Pak OB: Kagak ada bu..cuma ini aja kabelnya. Nggak ada lagi
Gw: Coba dicari dulu yang bener
Pak OB: Kagak ada bu (muka ngotot)
Gw: (jongkok ke kolong meja) Ini apaan?!
Pak OB: (muka bingung) Lah emang itu kabel buat komputer ini?
Gw: Nggak usah banyak tanya sekarang coba sambungin tuh kabel ke komputer terus colokin ke listriknya. 
Ctek! Komputer pun nyala..bip bip nongol gambar windows di layar monitor.
Pak OB: Oh iya yak..bener juga (garuk garuk kepala sambil nyengir)
Gw: (melenguh kayak lembu)
Minnie: (kontraksi bukaan satu)







Jumat, 08 Oktober 2010

COMPANY SURVEY (Yeah right)

Ini hari terakhir rombongan sirkus di Jakarta, mereka udah akan balik ke Singapur nanti malam. Kebetulan tadi malam Pak Boss udah pulang duluan so hari ini tinggal anak-anak analyst yang stay back karena masih ada dua meeting nanti siang.

Salah satu analyst pengen banget masakan warung katanya bosen makan di mall. Gw kasih saran makan iga bakar yg di belakang STM Penerbangan. Hmm...yummy! Sayang gw nggak bisa join gara-gara asisten pembokat yang satu nggak masuk kerja (again) so terpaksa deh di hari Jumat ini gw stuck makan siang di kantor (derita gw deh).

Berhubung kerjaan udah rada santai, gw mau mulai ngerjain Company Survey yang dikirim nenek sihir pada hari Senin yang lalu. Ceritanya perusahaan lagi minta feedback dari semua staff tentang employee recognition and appreciation. Di akhir email si nenek nulis gini: Let's give the company a good branding- "A Great Place To Work!" (hihihihi...ngikik sarkastik). Ok deh..whatever you say. Now let's start this survey.

Wuidih ternyata ada sepuluh pertanyaan bok. Gw pikir pake sistem pilih jawaban A-B-C ternyata mesti dijawab pake kalimat lengkap. (Ugh!) Pertanyaan-pertanyaannya lumayan berat juga. Gw jawabnya serius  atau nggak yah? Knowing this company for years..I'm a bit skeptical that this will actually work.

Ternyata lucu juga ada pertanyaan gini:
What other kind of incentives benefits besides monetary benefit will you consider as a recognition of your performance? 
Jawaban gw:
A weekend getaway all expenses paid by the company (hohoho...mayan kan refreshing ke pulau dibayarin full sama kantor)

Terus ada lagi gini:
When bonus is declared will you be happy if there will be a 50% retainer until the next year's bonus?
Jawaban gw:
NO. Its not fair towards the staff. (pokoknya nehi..nehi!)

Pertanyaan yang menurut gw cukup penting
What are the criteria you will consider to stay on working with the Company?
Jawaban gw:
Good health insurance coverage, annual salary increment, full payment of annual bonus and salary paid on time (Amin..Amin..Amin...)

Ok deh sip! (click Submit button)

Semoga aja beneran berhasil. Jadi gw nggak merasa sia-sia nungguin selama 12 tahun ni perusahaan berubah jadi lebih baik (cieee...sok dramatis). But who knows? From the 99% there's always a 1% chance that this might work. (yeah right!) hahahaha...





















Kamis, 07 Oktober 2010

I Don't Need BB (yet)

Sore hari setelah pulang dari marathon meeting, Pak Boss rupanya kecapean. Untung dia ngajak analyst baru untuk nemenin meeting seharian so dia nggak perlu rempong bikin meeting notes. Tinggal nyuruh sih anak baru yang saat ini masih semangat-semangatnya kerja hihihi...

Setelah nyuruh Pak OB bikin kopi Nespresso tiba-tiba dia manggil gw suruh ke ruangannya (yang emang cuma dipisahkan dengan selembar kaca yang sayangnya nggak kedap suara)

Pak Boss: Ini tolongin dong kenapa tiap saya sync contacts database dari laptop ke BB saya ada contacts yang ilang? Padahal di laptop nya ada..terus data yg di sync jumlahnya juga sama persis. Tapi kenapa pas saya search di BB tetep nggak ada?
Gw: (melongo) Hmmm...saya nggak pake BB boss jadi nggak tau
Pak Boss: (nengok dengan muka heran) Oh kamu nggak pake BB?
Gw: (menggeleng)
Pak Boss: What phone do you use?
Gw: Sonerics
Pak Boss: That's so behind
Gw: (sialan) I just need it to make calls and sms
Pak Boss: Iya tapi sekarang tuh yang lagi nge-trend Iphone dan BB. Udah nggak jaman handphone-handphone an
Gw: (diem aja..nggak terkesan)
Pak Boss: Do you want one? We can pay for you
Gw: No thanks..I'm fine
Pak Boss: No? (melotot heran)
Gw: (ngangguk) I don't need one. I can always access emails in the office and at home
Pak Boss: True..but that's not mobile you can't check it anywhere you are
Gw: (aha!) That's the point. Saya cuma mau nge-check email kalau lagi di kantor dan kebetulan di rumah aja. Kalau lagi jalan-jalan having fun with my family and friends, I'd rather enjoy my time
Pak Boss: I see. You are right. Using this have made me very dependent on it. But this is reliable all the time. (masih usaha meyakinkan gw)
Gw: Well good for you. I don't need it yet (senyum menghibur)
Pak Boss: Ok..

Thanks boss for your attention, I really appreciate it :)







MEETINGS

8.40 pagi signing to MSN.  

Pak Manajer: (Buzz!) Baru dateng ya?
Gw: Iya
Pak Manajer: Emang babeh belom dateng?
Gw: Belom. Pagi ini ada breakfast meeting
Pak Manajer: Saya ada perlu mau bicara sama dia. Kira-kira jam berapa bisa saya call back?
Gw: Jam 4 sore
Pak Manajer: Hah..sore amat? Emang meetingnya apa aja?
Gw: Pagi ini breakfast meeting. Terus jam 10.00 meeting di Kuningan. Lanjut  jam 12.00 makan siang. Setelah itu jam 2.30 meeting lagi di Thamrin. Ya kira-kira jam 4 sore baru ada di kantor
Pak Manajer: Pulangnya naik pesawat jam berapa ntar malem?
Gw: Jam 7.00 malem
Pak Manager: ck..ck..ck..sadis
Gw: (emang!) Ya dia kasih ke saya meeting list nya banyak. Jadi mesti saya padatkan supaya keburu ketemu semua dalam dua hari.
Pak Manajer: Ya sudah deh saya BBM dia aja kalo gitu (Pasrah)
Gw: Ok

Hihihihi....that's one of the privilege of being a PA (pembokat atasan). Kita bisa atur jadwal meeting Pak Boss sepadat mungkin supaya seharian nggak di kantor. (wink wink)

Rabu, 06 Oktober 2010

CURHAT COLONGAN OB

Hari ini hujan lebat nggak terkira..bener-bener nggak pake takaran lagi. Terserah deh mau luber kek..banjir kek..itu derita elo hihihihi. 

Seperti biasa after effect nya Jakarta macet dasyat. Kebetulan tadi sore rombongan sirkus ada meeting di daerah Mega Kuningan. Rencananya pada mau balik lagi ke kantor for the next meeting at 6.30 pm. So gw pun persiapan lembur dong beli bakso and gorengan. Kopi Fire Ship udah mengepulkan aroma nan wangi. I'm ready boss! hehehe...

Lagi asik-asiknya chatting dan nge-cek FB tiba-tiba Pak OB dateng menghampiri. 

Pak OB: Bu..saya lagi pusing nih
Gw: Pusing kenapa Pak? Udah minum obat?
Pak OB: bukan bu..bukan pusing sakit kepala
Gw: (melongo) lho terus apanya yang pusing?
Pak OB: gini loh bu..istri saya lagi ngambek melulu
Gw: (yaaaah dia mau curhat) Terus?
Pak OB: pengen ganti motor Mio soalnya kalau dia pake motor yang sekarang dikatain gerobak sampah
Gw: huahahaha....sadis amat. Siapa yg ngatain?
Pak OB: itu ibu-ibu temen sekolah nya anak saya
Gw: Ooo...(pura-pura ngetik email)
Pak OB: (diem nungguin disamping gw)
Gw: terus kenapa Pak? (bete juga ditungguin OB)
Pak OB: bisa nggak ya bu saya pinjem sama kantor?
Gw: Berapa?
Pak OB: 12.5 jt
Gw: (uhukkkk..keselek bakso
Pak OB: nggak bisa ya bu?
Gw: (minum dulu meredakan batuk) Bukannya nggak bisa Pak, saya sih bisa aja mengajukan tapiii saya nggak janji ya dikabulin. Ntar deh saya cari waktu yang tepat dulu.

Pikiran gw langsung terproyeksi muka nenek sihir dengan mata merah dan idung berasep. Gilingan..minta duit buat beli tiket pesawat aja gw mesti minum obat penurun level darah. Gimana minta duit 12.5 jt buat istrinya OB beli motor?! Waaak waaaaaw.....







Selasa, 05 Oktober 2010

Ngegelosor...

Minggu ini boleh dibilang minggu yg dinamis sebab meledak ledak kayak petasan renteng. Ini akibat kedatangan rombongan sirkus dari kantor pusat sejak hari Senin. Nah besok apalagi..rajanya sirkus mau dateng alias Pak Boss Besar hehehe..

Masih lanjutin kisah tiket pesawat kemarin, rupanya telah terjadi perang dingin antara Penyihir Lebay dan Pak Manajer. Si nenek jelas-jelas nggak terima dibentak-bentak sama Pak Manajer gara-gara urusan approval tiket pesawat.  Selain itu si nenek juga dongkol karena gw ngomongnya ke Pak Manajer bukan ngomong ke dia langsung.

Walhasil tadi pagi terjadilah conference call antara gw, Penyihir Lebay dan Pak Boss Ketjil. Baru juga gw nyapa Halo? Pak Boss Ketjil udah nyerocos aja kayak abis makan semut rang-rang..pake curhat colongan lagi. Gw sih diemin aja. Gw dengerin dulu versi cerita yang dia denger dari nenek sihir. Nggak lama kemudian  Pak Boss Ketjil terbatuk-batuk gara-gara tenggorokannya kering kali..uhukk..uhuk..uhuk!

(Udah Pak curhatnya?) Ok sekarang saya akan jelaskan kronologis peristiwa kemarin tapi saya minta pembicaraan saya ini jangan dipotong sebelum saya selesai.
Pak Boss Ketjil: Ok..go ahead and explain (suara sok dingin)
Gw: Kemarin itu saya sudah kirim email sejak jam 11 pagi ke kamu, saya juga sudah bicara via telpon dengan kamu tapi kamu mem-forward masalah approval ini ke nenek sihir. Karena itu saya langsung follow up ke  si nenek tapi saya tunggu-tunggu nggak ada jawaban maka saya telponlah ke kantor pusat tapi dibilangnya nenek lagi sibuk nggak bisa angkat telpon. 5 menit kemudian Olip (asisten nenek sihir) telpon ke saya minta penjelasan ini itu tentang harga tiket pesawatnya dimana sudah saya jawab semua.

Setelah itu saya telpon lagi ke travel agent untuk minta tolong agar reservasinya di hold dulu sampai saya dapat approval dari si nenek. Ternyata eh ternyata harga tiketnya udah naik gara-gara kita kelamaan confirm nggak bisa dapet class yang sama untuk kepulangan dari Balikpapan. Segera saya telpon ke nenek sihir untuk mengabari masalah ini tapi lagi-lagi nenek nggak ada ditempat. Nah karena ini sifatnya emergency orang selanjutnya yang saya mesti kasih laporan adalah Pak Manajer karena dia adalah project manager untuk deal ini. 

Setelah itu mungkin kamu juga sudah tau peristiwa yang terjadi, Pak Manajer marah-marah ke Nenek Sihir. Dan akibatnya saya dibantingin telpon sama si Nenek.

Frankly speaking, I really don't appreciate being slammed over the phone. I am just doing my job. Gw udah ikutin semua prosedur yang digariskan oleh finance policy perusahaan kita. So in the case that Pak Manajer yelled at Nenek Sihir its not my fault. 

Pak Boss & nenek sihir: (sunyi senyap)
Gw: Halo?
Pak Boss: Yes we hear you. Ok..let's not talk about yesterday anymore..
Gw: (huh speechless kan loe setelah denger versi cerita gw?) Sure..
Pak Boss: Pokoknya untuk selanjutnya untuk masalah approval jangan diminta ke saya karena saya sibuk cari duit buat perusahaan. Semua approval untuk pembelian mesti diminta ke nenek sihir langsung.
Gw: Ok..what if nenek sihir is not around who is the next person I must call?
Pak Boss & nenek sihir: (sunyi senyap)
Gw: Halo?
Pak Boss: Yes you can call me
Gw: (wakakakak...sama aje dong) Ok, so I'll make this clear that all expenses must go to nenek sihir and if she's not around I should call you. By the way Nenek Sihir, are you there?
Nenek sihir: Yes
Gw: Please send me a quick note if you have received my email on approvals so that I know you have noted my request.
Nenek sihir: Ok (setengah hati)
Gw: Also I would appreciate if you can send out an email to all staff regarding this new finance policy because the previous policy is to get approvals from Director.
Pak Boss: Ok deh saya rasa cukup jelas ya pembicaraan hari ini. Nggak ada pertanyaan?
Gw & nenek sihir: nggak ada...
Pak Boss: Ok..thanks (klik! telpon ditutup)
Gw: (ngegelosor lemes..)

Duh umur gw bisa nambah berapa nih kalo tiap ada pembelian mesti minta approval dari si nenek sihir? Haiiyyaaa...





Senin, 04 Oktober 2010

Cuek kayak Bebek

Belakangan ini gw merasa kerutan di jidat gw bertambah dua garis, gimana nggak? Tiap kali mau urus pembayaran kantor mesti bertengkar sama si Penyihir Lebay. Yang bikin gw heran tu orang apa nggak cape ya voltase tinggi melulu? Ngirim email mesti pake tanda seru!! Dah kayak emak gorilla.

Nah sejak peristiwa perang email minggu lalu rupanya si emak ditegor sama Pak Boss tentang kebiasaan jeleknya yang suka ngajakin orang perang lewat email. "You should talk over the phone instead of shooting emails everytime", gitu katanya. Tapi mungkin dalam hatinya si emak "Cih nggak sudi!" gitu kali.

Jadi ceritanya besok tuh ada dua orang analyst yg mau berangkat due diligence ke Balikpapan. Gw udah kirim email dari jam 11 pagi minta approval untuk beli tiket pesawatnya tapi sampe jam 3 sore masih belom dijawab. Maka tadi gw telponlah ke kantor pusat berusaha mengikuti saran dari Pak Boss untuk bicara lewat telpon. Eh..dua kali gw telpon ternyata ditolak bow, kata operator yg angkat "She's busy, cannot pick up call" Halah! Banyak tingkah bener.

Yo weis lah gw telpon Pak Manajer aja kalo gitu yg kebetulan emang lagi ada di kantor pusat hari ini. Toh Pak Manajer adalah supervisor dua begajul yang mau berangkat besok. Dia juga project manajer nya untuk deal di Kalimantan.

Gw: Halo Pak?
Pak Manajer: Ya ada apa?
Gw: Saya mau minta approval untuk beli tiket besok. Harga tiketnya udah naik gara-gara kita kelamaan confirm.
Pak Manajer: Kenapa bisa lama confirm nya?
Gw: Saya udah kirim email dari jam 11 pagi ke Finance tapi smp sekarang belom di approve
Pak Manajer: Terus belom di approve kamu diem aja gitu? Nggak telpon?
Gw: Saya udah telpon ke Finance dua kali tapi telpon saya nggak mau diangkat
Pak Manajer: Loh kenapa?
Gw: (Meneketehe) Gak tau katanya orangnya sibuk
Pak Manajer: (tereak ke bagian Finance) Hey, kenapa elo belom approve pembelian tiket ke Balikpapan? Harganya udah naik gara-gara kelamaan nih..
Suara-suara nggak jelas di background kayaknya tarik urat leher antara Pak Manajer dengan si Penyihir.
Pak Manajer: (suara bete) Nih kamu ngomong aja sendiri ke orangnya!
Gw: Halo Mak? Ini tentang tiket pesawat ke...
Penyihir: Jebreeetttt!!!!! (suara telpon dibanting) tuuut....tuuut...tuuut...
Gw: Kampret! She hung up on me!

Wah..wah..wah sungguh terlalu. Nggak sopan. Mau marrraaahhhh!

Tapi kalau tipikir-pikir rugi juga ya gw ikutan spaneng? Toh ini untuk urusan kantor, gw tinggal ikutin aja prosedur finance yang aturannya adalah kalau tidak ada approval berarti tidak boleh ada pembelian. Kalau ditanyak gw tinggal jawab...Saya nggak dikasih approval ya saya nggak bisa beli tiket.

So there I go..cuek  aja kayak bebek. Daripada gw yang kena stroke mikirin urusan kantor mendingan orang lain aja yang masuk RSJ. Hwahahahaha (tawa bergema)