Rabu, 18 Agustus 2010

Bonus Cicilan

Baru selesai membaca buku My Stupid Boss karya Chaos@work a.k.a Miss Kerani a.k.a belum ketauan nama identitas aslinya. Buku ini adalah kumpulan curahan hati para karyawan yang tertindas dan tergilas, udahlah gaji kecil, lembur nggak dibayar, punya boss blo'on pulak alias Stupid. Bagaikan dikutuk emaknya Malin Kundang kali yee..

Rekomended banget untuk membaca buku tersebut bagi para karyawan yang merasa garis nasibnya sama seperti yang telah disebutkan di atas tadi. Paling tidak dengan membacanya maka terangkatlah sedikit beban kehidupan. Namun sangat tidak disarankan bagi yang merasa dirinya Boss karena membaca buku ini bisa menyebabkan kanker, gangguan kehamilan dan impotensi (lho kok jadi warning iklan rokok?). Yang pasti bisa menyebabkan tensi darah para boss naik 3 level hehehe.

Anyway speaking of kelakuan para boss. My boss is not stupid. Bahkan boss gw itu seorang yang sangat cerdik saking cerdiknya sampai orang lain sering keliru menganggap dirinya itu licik. Bukannya bermaksud rasis lho boss gw itu keturunan negeri filem seri Boys Before Flowers dan negeri penjajah Palestina nun jauh di sana. Kebayang kan wujudnya kayak apa? Gw rasa Lucifer pun nggak berani deket-deket. Hiiiyyyy...

Tapi heran banget deh, ternyata gw bisa kerja di sini selama 12 tahun! Oh my God..mungkinkah gw dikutuk Dewa Zeus untuk menjadi arca di kantor ini? Ya gw harus fair walaupun boss gw itu licik tapi lingkungan teman-teman kerja gw sangat menyenangkan, selain itu sesekali kami pun dihibur dengan acara group dinner. Tapi pada acara makan malam bersama inipun biasanya kertas-kertas kerja teteup dibawa untuk dibahas setelah makan (nggak mau rugi ye boss?) Demikianlah, gw sendiri bingung kalau ditanya mesti jawab apa tentang survival concept gw di perusahaan ini.

Nah mari gw beri contoh salah satu kecerdikan boss gw yaitu pada sistem pembagian BONUS. Yap sebuah kata sakti yang selalu mampu membuat hati siapapun berjingkrak ria. Uhhuuyy!

Eits tunggu! Sebaiknya ditahan dulu jejingkrakannya sebab penjelasan gw yang berikut ini bisa membuat George Soros sekalipun tercengang saking kagumnya dengan kecerdikan si boss. Hohoho...

Karyawan yang berhak menerima bonus di kantor ini adalah karyawan tetap yang telah bekerja minimal 1 tahun buku. Yang dimaksud dengan tahun buku adalah mulai tanggal 1 Januari hingga 31 Desember. Jadi misalkan diangkat jadi karyawan tetap di bulan Februari, maka gw baru berhak dapat bonus pada tahun buku berikutnya. Lama kaaaan nungguinnyaaaa? Ibarat kucing udah keburu beranak lima kali deh.

Kecerdikan kedua: setelah gw dengan sukses melalui 1 tahun buku dengan bekerja membanting tulang patah tigabelas dan memeras kemeringet sampe handuknya jadi kayak babat. Datanglah surat bonus yang sangat dinantikan itu..bak pengumuman kerajaan di print di atas kertas mahal dan dicap lilin merah. Deg-deg plass membukanya..jjrreeennggg. Oh indah nian angka yang tertera disana, mata pun langsung berkaca-kaca terharu. Boss...betapa baiknya hatimu...eh eh tapiii ini kok ada tulisan kecil-kecilnya? Apaan ya bacanya? (segera ambil kaca pembesar untuk nge-zoom tulisan). Note: this bonus payment shall be made 50% immediately and 50% during the next annual bonus announcement. No portion of the annual performance bonus will be paid if employment is terminated within this financial year.

Whaaaatt?! Bonus gw dicicil bayarnya...(nangis berderai airmata sambil mukul mukul dada)***


1 komentar:

  1. masih mending daripada gw gak di bayar sama sekali....

    BalasHapus