Senin, 22 November 2010

PETUALANGAN DI BANGKA (Part 2)

DAY 2 - BELINYU

Hari pertama di pulau Bangka kami sukses mengunjungi empat pantai. Malamnya gw & Mulan menyempatkan diri menjelajahi Alun-Alun Merdeka dengan berjalan kaki. Mampir sebentar beli oleh-oleh di toko Kartini, pulangnya menyeruput wedang jahe di pinggir jalan. Mantap lah pokoknya!

Hari berikutnya, pagi-pagi sekali kita berdua udah dijemput oleh bang Imam dan Mas Joko rencananya mau ngajak kita ngeliat pantai Penyusuk dan Romodong di wilayah Belinyu. Kebetulan Bang Imam sendiri walaupun tinggal di Bangka belum pernah ke sana karena letaknya yang lumayan jauh diujung pulau.

Mulan: bang Imam kita mampir sebentar di pasar situ ya beli baterai cadangan untuk digicam
Bang Imam: ok mbak

Lagi sibuk belanja di warung beli baterai, cemilan dan minuman untuk di perjalanan tiba-tiba sebuah becak berhenti tepat di depan warung. Abangnya pakai helm motor. Lho di sini narik becak mesti pake helm yah? Tanya gw polos. Penjaga warungnya nyengir..iya di sini becaknya pakai motor jadi harus tetap pakai helm. Ih norak deh gw!


Menuju Belinyu

Dua pantai yang ingin kami kunjungi yaitu Penyusuk dan Romodong terletak di kecamatan Belinyu sekitar 86 km dari kota Pangkalpinang. Perjalanannya memakan waktu sekitar 2 jam driving. Tapi jalanannya rusak parah udah kayak Ciledug jaman dulu. Becek dan berlobang-lobang. Suasana daerahnya pun masih sepi dikelilingi hutan dan semak-semak. Percaya nggak percaya listrik PLN belom mampu meng-cover seluruh wilayah Belinyu, so hanya pusat kecamatan aja yang udah ada listriknya.

On the way ke pantai kami mampir sebentar di rumah kakaknya Mas Joko yang tinggal di Belinyu, sebab Mas Joko sendiri nggak tau arah ke pantai Penyusuk. Saat itu hujan gerimis menyambut kedatangan kita.

Mulan: Mas Joko saya mau numpang pipis dong, bisa nggak?
Mas Joko: Oh bisa mbak..mari lewat sini (berjalan ke arah halaman belakang)

Kita berdua mengikuti Mas Joko sambil mindik-mindik karena ujan gerimis.

Mas Joko: Silahkan mbak

Jreeeennnggg….jrreeennnggg. WC yang ditunjuk oleh Mas Joko berupa sebuah kotak dari kayu dan kain terpal tanpa atap dan daun pintu. Oh my God! Gimana pipis nya?!

Gw: Mas Joko..apa nggak bisa ditutup sama kain sarung gitu pintunya? (shock)
Mas Joko: Wah nggak ada mbak, tapi nggak apa-apa kok aman nggak ada yang ngintip
Gw: Aduh gimana ya..tolong ditutupin pake seng itu aja deh (sambil nunjuk ke arah selembar seng rombeng)

Yah apa boleh buat berhubung kita berdua udah kebelet pipis banget terpaksa deh pake tuh WC darurat  sambil deg-degan takut diintip sama ayam dan bebek yang berseliweran. Kalau diinget lagi peristiwa itu gw jadi nyengir sendiri. Kocak banget. Nyesel deh gw nggak sempet foto tuh WC rombeng hahaha!

Pantai Penyusuk

Setelah gerimis berhenti, perjalanan dilanjutkan dari rumah kakaknya Mas Joko menuju pantai Penyusuk. Sepanjang perjalanan banyak terdapat pertambangan timah illegal. Rupanya mayoritas mata pencaharian penduduk Belinyu adalah sebagai penambang timah. Ini foto pertambangannya:


Sebenernya penambangan timah ini sangat merusak lingkungan. Menurut bang Imam area yang pernah dipakai untuk menambang baru bisa dikembalikan ecosystem nya setelah 10 tahun. Artinya setelah 10 tahun baru ikan bisa hidup di air nya. Ck..ck..ck...

Akhirnya tibalah juga kami di pantai Penyusuk. Melihat pantainya gw merasa perjuangan menuju ke sana beneran nggak sia-sia. Tadinya gw sempet mikir kok nggak sampe-sampe yah? Di sini pantainya masih alami belum banyak dikunjungi orang.  Kontur nya pun berbatuan seperti di Parai tapi di sini batu-batunya berwarna hitam dan bulat-bulat sedangkan di Parai batu-batunya berwarna putih dan tajam seperti karang.


Iseng-iseng gw juga foto lukisan yang dibuat oleh kepiting di atas pasir. Lucu deh…kepitingnya pandai melukis.


Pantai Romodong
                                   
Setelah puas main di Penyusuk, petualangan pun berlanjut ke pantai Romodong. Uniknya pintu gerbang menuju pantai ini adalah dua buah batu besar seperti terbelah.Keren cuy!

Pantai ini pun sama-sama sepi dan masih sangat alami. Air lautnya tenang dan bening banget. Bisa keliatan lho ikan-ikan kecil yang berenang deket bebatuan. Very beautiful scene.
 

Kuil Pha Kak Liang

Mulan: Dari sini kita kemana lagi Mas Joko?
Mas Joko: Kita ke Pha Kak Liang aja ya
Gw: Tempat apa tuh Mas?
Mas Joko: Itu kuil Cina yang dibangun di bekas tambang Timah
Gw & Mulan: Ok (kompak)

Ternyata areal Pha Kak Liang cukup luas sekitar 2 hektar, di atas lahan tersebut dibangun sebuah tempat sembahyang orang Cina. Terus terang gw nggak berani foto meja persembahannya, ada perasaan merinding gimana gitu. Hiiiyyyy…

Di tempat ini kita nggak berlama-lama karena hari udah sore. Kebayang deh mesti pulang ngelewatin jalanan tanpa listrik dikelilingi hutan semak belukar. Serem.

Sepanjang perjalanan pulang dari Belinyu gw tidur. Tepar bow..kepala gw pening karena jalanan yang dilalui rusak parah.

Bang Imam: Mbak sebelum ke Pangkalpinang nanti mampir dulu ya di rumah mertua saya. Mertua saya tadi telpon katanya udah masak-masak buat tamu dari Jakarta.
Gw: Hah..waduh bang Imam jangan repot-repot kita jadi nggak enak nih
Mulan: Iya bang..jangan ngerepotin orang rumah

Tapi bang Imam tetep kekeuh untuk mampir dulu ke rumah mertuanya. Nanti saya kena marah mbak kalau nggak jadi mampir (muka memelas). Oh gitu yah? Ok deh kita mampir, bukannya apa-apa nggak enak bertandang ke rumah mertua bang Imam dengan bercelana pendek ria. Rasanya segan gitu.

Keramahan keluarga bang Imam luar biasa. Kita dikenalin ke istri dan mertuanya. Serasa tamu istimewa deh. Mertuanya udah masakin kita makanan khas Bangka yaitu Lempah Darat dan Lempah Pucuk Kedondong. Yang namanya Lempah Darat itu kuahnya juga kuning (ada di Part 1) tapi isinya buah papaya mengkal pakai daun katuk rasanya asam manis. Sedangkan Lempah Kuning Pucuk Kedondong isinya daging dimasak kuah kuning juga pakai pucuk daun kedondong. Amboi sedapnya. Top markotop!

Lempah Darat
Lempah Kuning Pucuk Kedondong
Jam 7.00 malam barulah kita tiba kembali di Wisma Jaya. Badan gw serasa diinjek-injek gajah. Capek berat tapi seneng dan puas melewati hari kedua ini dengan berbagai pengalaman baru.

Gw: Kapan nih kita makan di Ah Sui?
Mulan: So pastinya malam ini dong, gw udah ngebayangin kepitingnya bok (ngeces)

Dengan ditemani oleh bang Arpan dan bang Arwan (temennya bang Arpan & Mulan) kita dianterin makan ke Rumah Makan Ah Sui.
Pesen kepiting saos Padang, cumi goreng tepung, lempah tenggiri dan kangkung belacan. Pantesan Mulan sampe ngotot banget mesti makan di Ah Sui ternyata oh ternyata kepiting saos Padangnya emang ngegaplok! Seporsi terdiri dari dua ekor kepiting ukuran besar. Dagingnya terasa gurih dan segar. Putih-putih melekoh gimana gitcu. Dua jempol deh buat Engkoh Ah Sui hehehe…

Kepiting Saos Padang
Malam terakhir di pulau Bangka. Kapan-kapan pasti gw akan kembali lagi ke sini karena masih banyak wilayah yang belom dijelajahi termasuk daerah Muntok. Tempat pengasingan bung Karno jaman perang dulu. (to be continued) Besok lanjut lagi ye ceritanya


2 komentar:

  1. Hahahahaha tetap ketawa dengan kamar mandi dadakan.... iya sayang gw lupa foto nanti minta di email aja deh....
    Pokoknya klo ke Bangka harus makan kepiting saos padang ASUI..... mantap *empat jempol*
    Next trip belitung & pengasingan bung karno (muntok)...
    Di tunggu perjalanan berikutnya ya...

    BalasHapus
  2. Iya tuh gara-gara ceritanya "Bang Arpan" dan "Bang Arwan" gw jadi deg-degan jangan-jangan ada kamera tersembunyi hahaha...

    Siplah next trip ke wilayah timur aja hehehe

    BalasHapus