Kamis, 23 Desember 2010

EMERGENCY FLIGHT

Hari yang menyenangkan (mestinya) karena merupakan satu hari sebelum long weekend natal. Suasana kerja udah pesimis nggak kondusif hehehe. Tapi di hari ini tiba-tiba gw dihebohkan oleh Pak Manajer yang minta di cariin tiket pesawat ke Singapura malam ini juga. Hah? Besok kan udah Christmas eve...all flights are full.

Pak Manajer: Harus dapet SQ atau GA. Gw nggak perduli malam ini atau besok pagi. Gw mau bawa bokap gw ke Mount Elizabeth Hospital. (muka kusut)

Ooo..ayahnya sakit. Okelah kalo begitu gw akan berusaha semaksimal mungkin untuk dapetin tiketnya. Kasian juga kalo nggak ditolongin. Maka ribetlah gw hari ini telpon ke travel agent minta dicariin tiket. 

Gw: Tolong ya mbak sampe dapet soalnya ini emergency

Tapi seperti dugaan gw semula. Semua class mulai dari economy, business & first class udah penuh baik SQ maupun GA. Gak apa-apa di waitlist dulu! teriak Pak Manajer dari mejanya. Uring-uringan sekali dia. Sementara gw lagi sibuk bicara dengan travel agent ditelpon, dia pun ikut-ikutan bicara dengan gw minta ini-itu. Hadoooooh...bingung jadinya.

Pak Manajer: Usahain dapet SQ yang jam 6.00 pagi juga nggak apa-apa. Economy class ya.
Gw: (manggut-manggut sambil terus bicara dengan travel agent)
Pak Manajer: Jangan lupa masukin nomor Krisflyer gw kalo udah dapet SQ
Gw: (manggut-manggut lagi sambil bicara dengan travel agent)
Pak Manajer: So gimana bisa dapet seat nggak?
Gw: (aaaarrrgggghhhh!) Nanti jam 1 siang gw baru dikabarin lagi. Mereka masih cariin seat nya.

Jam 12.00 siang (baru mau makan). Ucluk..ucluk..Pak Manajer dateng ke meja gw, rupanya dia barusan ke bank ambil uang untuk pembayaran tiket. 

Pak Manajer: Minta tolong dong cek ke travelnya kalau bayar pake Rupiah berapa, kalau pake kartu kredit kena charge berapa & kalau cash US Dollars ada kembalian nggak?

Maka gw pun telpon lagi ke travelnya (sambil ngebungkus makan siang. nggak jadi dimakan).  Setelah hampir setengah jam on the phone dengan travelnya, Alhamdulillah, dapet juga tiket pesawat untuk dua orang, economy class on SQ. Gw langsung minta tiketnya untuk di issued. Jangan lupa masukin Krisflyer nya ya mbak? Oiya mau request untuk disediakan kursi roda di bandara Changi.

Sepuluh menit kemudian...
Pak Manajer: Tiket pesawatnya udah di issued belom sih sama travel nya?
Gw: Udah kan tadi gw udah minta di issued.
Pak Manajer: Kok gw nggak bisa akses dari websitenya? Jangan-jangan Krisflyer gw nggak dimasukin lagi!
Gw: Ya udah Pak OB gw suruh jalan sekarang aja ya ambil tiketnya?
Pak Manajer: Eh nanti dulu..duitnya belom gw tukerin ke US dollars
Gw: Lahh? (cape deee)
Pak Manajer: Buruan telpon ke travelnya sekarang cek udah di issue belom tiketnya? Gw suruh Pak OB tuker duit dulu nih.
Kembali gw menelpon ke travelnya nanyain request yang tadi gw instruksikan udah dilaksanakan apa belom? Jawabannya: Oooh..mbak Ria sedang makan siang mbak. Nanti kalau dia udah kembali saya minta telpon ke mbak ya? (Gggrrrhhh)

Pak Manajer: Gimana sih tu orang blo'on banget?! Kerjaan belom beres udah pergi makan? Pokoknya kalo sampe tiket gw tercancel gw bakalan sue tuh travel agent!
Gw:Sabar..ini gw lagi mau bicara dengan officer yang lain

Setelah bicara dengan officer tiketing yang lain, akhirnya gw berhasil ngedapetin nomor tiket dan kode bookingnya. Segera telpon ke hotline SQ di Singapore untuk minta request ini-itu dari Pak Manajer.

Gw: Udah beres yaaa...elo bisa check di website SQ sekarang (siap-siap mau ke pantry)
Pak Manajer: Eh tunggu deh..kok punya bokap gw nggak bisa gw checked in online yah?
Gw: (nggak jadi ke pantry balik lagi ke meja) Gw telpon lagi deh hotline nya

Ternyata selidik punya selidik, ayahnya nggak bisa checked in di website karena namanya hanya single name. Misalnya nih namanya hanya Paijo nggak ada nama belakang atau nggak ada nama depan, system airline nya nggak bisa membaca. There's a limitation to the website system if the name is a single name, gitu kata customer servicenya. The passenger can only checked in at the airport. Wah...

Ya udah deh there's nothing I can do. Karena gw nggak bisa bantu mereka untuk request seat selama penumpangnya belom checked in. Oleh karena itu teman-temans, kalau nanti punya anak kasih namanya minimal dua kata yah jangan irit cuma satu kata. Kasian lho nanti kalau mau checked in pesawat bakalan repot hehehe ***










2 komentar:

  1. Iyah...my case aku pernah angus tuh tes TOEFL gara gara cuman py satu nama huhuhu...:(

    Padahal kan mestiny gak boleh diskriminasi yak, gimana pun satu nama itu kan biasa di Indo? hehehhehe (susah semua kiblat ke Barat yang standarny py 2 nama)

    Now I wonder kalo yang punya nama puanjang sekali, jangan jangan juga gak bisa karena gak cukup heheheheh:P

    BalasHapus
  2. Wahaha..iya dilematis sekali mengingat kebiasaan di Indo jarang pake nama fam. Selain itu juga seneng memberi nama panjang yang berirama dan berbunga-bunga sampai nggak cukup juga.

    BalasHapus